Rabu, 14 November 2012

Kemajuan Teknologi Dorong Pertumbuhan Bisnis Otomotif Online



Kemajuan Teknologi Dorong Pertumbuhan Bisnis Otomotif Online



Kemajuan teknologi di berbagai negara, kini tidak hanya memudahkan setiap orang untuk berinteraksi dan berbagi informasi. Namun juga memberikan ruang tersendiri bagi para pengusaha untuk bisa menjangkau calon konsumennya tanpa harus memikirkan batasan ruang, waktu, serta mulai meninggalkanstrategi promosi konvensional yang biasanya membutuhkan anggaran dana yang terbilang cukup mahal.

Peranan internet yang cukup besar, memang memudahkan para pelaku usaha untuk mendulang untung besar setiap bulannya. Bahkan, bisa dikatakan sekarang ini hampir semua usaha bisa dijalankan dengan mudah melalui media online. Tak terkecuali aneka peluang bisnis otomotif yang belakangan ini mulai marak dijalankan para pemiliknya melalui berbagai situs media online.

Jika biasanya bisnis otomotif dijalankan para pelaku usaha dari bengkel maupun showroom-showroon yang mereka miliki, sekarang ini untuk menyiasati persaingan pasar yang semakin ketat banyak pengusaha yang memilih strategi pemasaran jemput bola untuk mendatangkan omzet besar setiap bulan. Salah satunya saja seperti membuka layanan bisnis otomotifonline untuk memancing datangnya banyak pelanggan. Mulai dari jasa konsultasi otomotif, jasa cuci mobil keliling, jasa penjualan sparepart dan aksesoris online, sampai jasa montir online, keberadaannya kian menjamur di pasaran untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.

Pengusaha Sukses Bisnis Otomotif Online


Salah seorang pengusaha yang sukses memanfaatkan kemajuan teknologi untuk merintis bisnis otomotif online adalah Yohanes Hanifa. Sejak 2007 silam lelaki muda berusia 29 tahun ini melengkapi toko ban dan velg mobil warisan keluarganya dengan websitetoko online yang Ia kelola sendiri dengan bekal ilmu teknologi informasi yang Ia peroleh semasa kuliah. Strategi jemput bola ini sengaja Ia pilih untuk mendongkrak penjualan ban dan velg yang Ia tawarkan, serta menyiasati ketatnya persaingan dengan memperluas jangkauan pasar ke berbagai pelosok nusantara. Terbukti strategi ini sangatlah efektif, sehingga omzet sebesar Rp 300 juta bisa Ia raup setiap bulannya dan sekitar 20% penjualannya Ia peroleh melalui toko online.


Selain Yohanes yang sukses memasarkan ban dan velg hingga berbagai pelosok nusantara, ada juga Lilik Suhariyono dari Ponorogo yang sukses membuka jasa layanan konsultasi bagi para konsumen yang sedang kesulitan atau bermasalah dengan kendaraan masing-masing. Mungkin sebagian orang bertanya-tanya, apa untungnya memberikan konsultasi gratis melalui media online. Namun, bagi Lilik hal tersebut cukup menguntungkan, sebab hubungan baik yang terjalin dengan para konsumen, menjadi modal utama bagi dirinya untuk bisa sukses mendatangkan penjualan dari produk-produksparepart maupun aksesoris kendaraan bermotor yang Ia rekomendasikan kepada pelanggan setia mereka.


Kejelian para pengusaha dalam membidik peluang pasar serta kepiawaian mereka dalam memanfaatkan peranan internet, kini tidak hanya memudahkan mereka dalam memenangkan persaingan pasar, tetapi juga memberikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya. Semoga informasi UKM online yang mengangkat kemajuan teknologi dorong pertumbuhan bisnis otomotif online ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula untuk segera terjun memulai usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar