Selasa, 27 November 2012

Manfaat Dan Berbahaya Mengonsumsi Telur


Benar, telur mengandung kolesterol pada bagian kuning telurnya. Satu butir telur ayam mengandung sekitar 212 mg kolesterol. Karena konsumsi kolesterol yang disarankan adalah maksimal sekitar 300 mg per hari untuk orang sehat, kandungan kolesterol tinggi dalam telur itu membuat banyak orang menghindarinya.


Namun, ketakutan itu sebenarnya berlebihan. Ingatlah bahwa ada dua jenis kolestrol, yang “baik” (HDL) dan “jahat” (LDL). Lipid dalam telur terdiri dari 1/3 asam lemak jenuh dan 2/3 asam lemak tak jenuh. Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi telur 2 – 3 butir per minggu tidak berbahaya bagi kita. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menunjukkan bahwa risiko penyakit kardiovaskuler pada laki-laki dan perempuan tidak meningkat dengan meningkatnya konsumsi telur. Bahkan sebaliknya, dari temuan mereka setelah menganalisis lebih dari 27.000 subyek, diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi telur memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan yang tidak makan telur. PenelitianHarvard School of Public Health menunjukkan kolesterol dalam telur tidak berdampak negatif pada kadar kolesterol darah orang sehat. Penelitian ini dan banyak penelitian lain menunjukkan tidak ada hubungan antara makan telur dan risiko lebih tinggi penyakit jantung atau stroke pada orang dewasa yang sehat. Beberapa studi terbaru bahkan menunjukkan bahwa kolesterol HDL meningkat pada orang yang senang men telur.photo © 2007 Laura Askelin | more info(via: Wylio)
Manfaat telur

Alih-alih berbahaya, telur justru memiliki banyak manfaat kesehatan:
Telur merupakan sumber gizi yang sangat baik. Satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein, sejumlah vitamin (A, B, D, K), kolin, selenium, yodium, fosfor, besi, dan seng.
Kolin pada telur diperlukan untuk kesehatan membran sel di seluruh tubuh Anda, dan membantu tubuh Anda menjaga kadar homocysteine di tingkat normal. Homocysteine adalah asam amino yang berkaitan dengan risiko penyakit jantung. Kolin juga baik untuk fungsi mental dan memori.
Selenium adalah mineral yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh dan merupakan antioksida kuat.
Vitamin B (folat dan riboflavin) penting bagi tubuh Anda untuk mengubah makanan menjadi energi dan penting untuk pencegahan cacat lahir.
Vitamin A penting untuk penglihatan malam hari yang baik, pertumbuhan sel dan kulit yang sehat.
Vitamin E adalah antioksidan yang bekerjasama dengan vitamin C dan selenium untuk mencegah kerusakan tubuh Anda dari radikal bebas.
Lutein dan zeaxanthin berhubungan dengan vitamin A dan ditemukan dalam pigmen kuning telur.Lutein dan zeaxanthin terkonsentrasi di retina mata Anda dan membantu mencegah degenerasi makula yang terkait penuaan.

Efek samping dari Telur








Telur ayam adalah bahan makanan yang murah tetapi memiliki kandungan protein yang tinggi, tentu sangat di gemari di kalangan masyarakat. Dengan menggoreng sebutir telur saja sudah dapat menemari sepiring nasi. Telur juga memenuhi gizi bagi tubuh anak yang sedang mengalami pertumbuhan. 


Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, telur juga menyimpan berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Telur juga di percaya dapat meningkatkan stamina sehingga cocok di konsumsi oleh seorang atlet. Namun, kepraktisan telur membuatnya menjadi bahan makanan sehari hari, apa efek samping jika terlalu sering makan telur ?







Kanker

Menurut hasil penelitian, mengkonsumsi telur terlalu banyak dalam sehari dapat mengakibatkan terkena penyakit kanker prostat, terutama pada pria.


Flu burung dan bakteri


Menkonsumsi telur setengah matang memang bagus, dikarenakan kaya akan protein. Tetapi akan menjadi penyebar penyakit flu burung jika telur tersebut mengandung virus H5N. Untuk itu, masaklah telur hingga matang.

Tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke

Telur juga kolestrol yang tinggi, mengkonsumsi telur terlalu banyak dapat memicu terjadi tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.





Alergi

bagi orang yang alergi dengan telur ayam, menkonsumsinya terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh gatal gatal, terutamanya pada putih telur.

Jerawat

Kebanyakan makan telur juga dapat mengakibatkan wajah berjerawat, tentu sangat di benci oleh para remaja.



Akibat terlalu banyak makan kuning telur





Ternyata terlalu banyak mengkonsumsi kuning telurberbahaya bagi kesehatan kamu lho. Kuning telurmemang dikenal memiliki banyak protein yang baik untuk kesehatan selain itu banyak juga masyarakat senang memakan telur sebab sangat mudah pengolahanya, namun jika terlalu banyk dikonsumsi ternyata memiliki dapak buruk bagi kesehatan.


Sebuahsetudi baru melaporkan terlalu banyak konsumsi kuning telur memiliki dampak buruk pada pembuluh darah seperti yang kita ketahui banyak penyakit yang bisa timbul dari kerusakan pembuluh darah antara lain penyakit jantung dan strok.


Dari kesimpulan studi yang dilakukan oleh peneliti Kanada menunjukkan, bahwa penumpukan plak karotis, zat lilin yang menyumbat pembuluh darah, yang terkait dengan berkurangnya aliran darah dan risiko tinggi penyakit kardiovaskular, nyatanya lebih besar terjadi pada orang yang banyak mengonsumsi telur kuning.


Penelitian ini menilai efek dari makan telur yang melibatkan hampir 1.200 orang, dengan usia rata-rata 61 tahun. Studi yang telah diterbitkan dalam jurnal Atherosclerosis menunjukkan, bahwa daerah plak karotid (penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan lemak) tumbuh pada orang yang berusia 40 tahun ke atas. Namun meningkat secara eksponensial dengan jumlah tahun akibat merokok dan makan kuning telur.


“Hasil penelitian kami menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara konsumsi telur dan beban plak karotid,” ujar para peneliti, seperti yang dikutip Zeenews (5/8). Disebutkan peneliti, “Kami percaya penelitian kami sangat penting untuk menilai kembali peran kuning telur dan kolesterol makanan secara umum, sebagai faktor risiko untuk penyakit jantung.”


Konsumsi kuning telur memang diperbolehkan karena banyak mengandung protein yang baik untuk tubuh namun sebaiknya kamu tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya apapun yang dilakukan berlebihan pastinya tidak akan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar