Rabu, 14 November 2012

Mempertahankan Loyalitas Konsumen Melalui Akun Twitter



Mempertahankan Loyalitas Konsumen Melalui Akun Twitter

Kemunculan twitter di Indonesia, ternyata tidak hanya menjadi ruang khusus bagi masyarakat untuk bisa eksis di dunia maya, namun juga memberikan peluang tersendiri bagi para pelaku bisnis yang ingin mempromosikan keberadaan usahanya melalui sosial media.

Jumlah pengguna Twitter di Indonesia yang belakangan ini mulai meningkat hingga mencapai angka 29,5 juta orang, kini tidak hanya dimanfaatkan sebagai ajang untuk menjalin hubungan pertemanan, tetapi juga dimanfaatkan para pelaku usaha untuk menginformasi perkembangan bisnis mereka, membangun personal branding untuk mendongkrak penjualan produknya, serta memberikan ruang khusus bagi para pengusaha untuk bisa mengenal konsumen mereka dengan lebih dekat.

Seperti kita ketahui bersama, peran sosial media termasuk salah satunya twitter memang cukup membantu para pelaku usaha untuk memperluas pemasaran bisnisnya. Banyaknya jumlah followers yang bergabung di akun mereka, menjadi sebuah keuntungan yang bisa dioptimalkan para pelaku usaha untuk mendongkrak angka penjualan setiap bulannya.


Karenanya, untuk mempertahankan loyalitas para follower, berikut kami informasikan beberapa tips bisnis online yang bisa Anda jalankan dengan cara yang mudah dan biaya promosi yang cukup murah.
Sapalah follower Anda secara rutin agar mereka merasa diperhatikan dan merasa lebih dekat dengan Anda. Pada dasarnya setiap orang tentu ingin disapa oleh orang-orang yang mereka kenal. Karenanya, tidak ada salahnya bila setiap minggunya Anda menyapa para follower yang bergabung di akun twitter Anda agar mereka juga tertarik mempelajari produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Membangun interaksi dengan para follower. Sebagai seorang pelaku usaha, terkadang banyak follower yang ingin berdiskusi maupun menanyakan beberapa hal penting mengenai perkembangan bisnis Anda. Untuk itu, bersikaplah ramah terhadap follower Anda dan terus menjalin interaksi dengan para konsumen. Baik dengan melakukan reply maupun mentionpara follower yang telah menyapa Anda.
Untuk menambah jumlah follower, tidak ada salahnya bila Anda membuat program-program menarik yang bisa memancing rasa penasaran para konsumen. Contohnya saja seperti mengadakan program kuis atau program diskon (potongan harga) yang bisa mendatangkan banyak follower.Usahakan kelola akun Anda dengan profesional. Mengingat pelaku entrepreneur termasuk salah seorang public figure, maka sebaiknya Anda mengelola akun tersebut dengan santun dan profesional. Sebab, semua hal yang Anda tuliskan di akun twitter akan menjadi cerminan atas diri Anda. Bila Anda membagikan informasi yang positif, maka brand image yang akan terbangun juga akan positif, dan begitu juga sebaliknya.
Meskipun Anda sengaja membuat akun di jejaring sosial buatan Jack Dorsey ini dengan tujuan twitter marketing, namun ada baiknya bila Anda tidak melakukan promosi secara terang-terangan agar para follower yang Anda miliki tidak kabur meninggalkan akun Anda. Gunakan strategi soft selling untuk menarik minat konsumen, sebelum akhirnya mereka terpancing untuk membeli produk atau jasa Anda. Contohnya saja bila Anda memasarkan produk fashion, maka Anda bisa memulainya dengan berbagi tweet mengenai perkembangan dunia fashion yang sedang booming saat ini. Melalui konten tersebut, Anda bisa menyelipkan sedikit iklan atau promosi mengenai produk fashion yang Anda tawarkan.


Cukup mudah bukan? Jadi, setelah mempelajari lima strategimempertahankan loyalitas konsumen melalui akun twitter, kini giliran Anda untuk mengaplikasikannya langsung dalam mempromosikan bisnis Anda. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar