Rabu, 14 November 2012

Tips Sukses Membuka Lapak di Dunia Maya


Tips Sukses Membuka Lapak di Dunia Maya

Perkembangan teknologi yang semakin modern ternyata tidak hanya membantu manusia dalam bekerja, namun juga memudahkan mereka untuk mendapatkan barang apa saja yang Ia inginkan cukup dari depan monitor (toko online). Bila dulunya masyarakat harus repot-repot kluar masuk pusat perbelanjaan untuk mendapatkan barang kebutuhannya, kini mereka bisa memesannya melalui internet dan para pedagang online akan segera mengantarkan pesanan tersebut ke rumah para konsumennya.


Fenomena inilah yang kemudian menciptakan sebuah perubahan besar di dunia usaha. Dimana dulu para pelaku usaha harus mengeluarkan modal besar untuk menyewa kios toko yang harganya jutaan rupiah, sekarang mereka tidak perlu mengeluarkan biaya sewa yang terbilang mahal dengan membuka lapak dagang di dunia maya.


Melihat peluang pasar online yang semakin terbuka lebar, tidak ada salahnya bila Anda pun mulai melakukan ekspansi pasar dengan membuka toko onlinesebagai lapak dagang Anda di dunia maya.


Nah, untuk membantu Anda para pemula yang masih bingung dalam merintis bisnis online. Pada pekan ini akan kami informasikan beberapa tips sukses membuka lapak di dunia maya, yang perlu Anda perhatikan dengan baik.
Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memilih platform e-commerce yang memiliki fitur atau fasilitas cukup lengkap, sesuai dengan target pasar yang Anda bidik, dan memberikan kemudahan bagi para pengusaha untuk memperluas jaringan pemasaran. Contohnya saja seperti BisnisUKM.com yang menyediakan fasilitas direktori perusahaan maupun direktori produk, sehingga memudahkan para pemula untuk membuka lapak dagang di dunia maya dan menjaring calon konsumen sebanyak-banyaknya.
Tingkatkan kredibilitas website Anda dan utamakan kepercayaan pelanggan. Tak bisa kita pungkiri bila hubungan emosional antara pelaku usaha dan para konsumennya, menjadi salah satu modal Anda untuk mendatangkan omset besar. Untuk itu, tanamkan kepercayaan pada setiap konsumen, dengan memilih situs online yang memiliki verifikasi bagi setiap pengusaha yang berjualan di situs tersebut. Hal ini sangatlah penting, agar konsumen benar-benar yakin dengan kredibilitas bisnis Anda dan tidak ragu lagi untuk melakukan transaksi pembelian.



Pilihlah lapak online yang memiliki traffic kunjungan cukup tinggi. Sebab, semakin tinggi traffic kunjungan yang dimiliki situs tersebut, maka secara tidak langsung akan memperbesar peluang Anda untuk muncul di halaman pertama mesin pencarian (Google). Poin ini perlu Anda perhatikan dengan baik, karena ramainya lalu lintas kunjungan website cukup mempengaruhi besar kecilnya keuntungan yang Anda dapatkan.
Update toko online Anda setiap hari. Seperti halnya toko offline yang perlu dibuka setiap hari, lapak dagang Anda di dunia maya juga perlu dikelola setiap hari. Kebanyakan para pemula hanya fokus membuat website dan selanjutnya hanya menunggu konsumen datang ke lapak dagang mereka tanpa melakukan kegiatan promosi maupun update produk secara rutin. Tidaklah heran bila belakangan ini banyak toko online yang gulung tikar, karena para pelakunya tidak siap berpromosi dan cenderung pasif dalam mengelola lapak dagangnya.
Jangan ragu untuk memperluas wawasan dan keterampilan. Sebagai seorang pemula, jangan pernah malu untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari para pengelola platform e-commerce, pakar marketing online, serta meningkatkan keterampilan Anda dengan mengikuti berbagai macam seminar maupun workshop bisnis online.


Dengan menerapkan kelima tips bisnis online di atas, diharapkan pemasaran online yang dijalankan bisa berjalan maksimal dan mendatangkan keuntungan yang berlipat-lipat. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar